• Jelajahi

    Copyright © Harian7 Lampung
    www.harian7.com

    Adv

    Pemkab Way Kanan Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2022

    Jumat, Maret 26, 2021, Maret 26, 2021 WIB Last Updated 2021-03-27T03:41:57Z

       Istimewa

    Laporan: Dinata | Kepala Perwakilan Lampung


    WAY KANAN- Harian7.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Way Kanan menggelar acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Way Kanan Tahun 2021 Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Way Kanan Tahun 2022, di Ruang Rapat Utama, Jum’at (26/3/2021).

    Dalam sambutan tertulis Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M., mengatakan, Musrenbang Kabupaten Tahun 2021 ini, merupakan bagian penting dari system perencanaan pembangunan Nasional sebagai upaya untuk mewujudkan sinergitas pembangunan dari tingkat Kampung, Kabupaten, Provinsi dan Nasional.

    Melalui Musrenbang ini kita akan menentukan arah kebijakan dan program pembangunan tahun 2022 untuk menjawab berbagai persoalan aktual yang dirasakan oleh masyarakat. Oleh karena itu masukan-masukan dari saudara sekalian akan sangat berharga dan memiliki arti penting bagi upaya meningkatkan kualitas RKPD Tahun 2022.

    Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan tahun 2022 merupakan tahun kedua pelaksanaan dari RPJMD Kabupaten Way Kanan tahun 2021–2026. Dokumen RKPD ini disusun untuk menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan dan penganggaran. Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) mempunyai peranan strategis dan penting, secara formal menjadi landasan penyusunan Kebijakan Umum APBD (KUA), Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara, dan R-APBD Tahun Anggaran 2022.

    Kita maklumi, bahwa sampai hari ini kita masih menghadapi persoalan pandemic Covid 19 dengan berbagai dampak ekonomi dan sosialnya. Meskipun dari aspek Kesehatan kita mulai bisa mengendalikan, dan ada harapan yang baik dari upaya optimalisasi Vaksinasi, Akan tetapi upaya pemulihan ekonomi dan sosial masih memerlukan waktu dan biaya yang besar.

    Selama dua tahun anggaran ini (2020 dan 2021), kita relatif kehilangan peluang untuk melakukan percepatan pembangunan daerah akibat Covid. Anggaran yang terbatas lebih terfokus kepada upaya penanggulangan Covid 19.

    Dana transfer yang menjadi andalan terjadi pengurangan. Sedangkan beban kewajiban daerah terus meningkat seperti penambahan Siltap, BPJS, Pilkada, disamping harus menyelesaikan tugas tugas mandatori yang diberikan.

    Pandemi covid 19 telah berdampak besar bagi kehidupan kita terutama pada ekonomi. Kondisi tersebut berpengaruh pada realisasi penerimaan Negara (APBN) yang berdampak kepada pendapatan daerah (APBD). Mencermati persoalan yang kita hadapi saat ini, saya berharap rencana pembangunan 2022 harus berdasarkan prioritas dengan focus target sasaran yang lebih tajam dan memperhatikan kondisi keuangan kita.

    Oleh karena itu dalam menyusun program prioritas pembangunan harus lebih realistis sesuai permasalahan aktual yang kita hadapi serta memiliki dampak kemanfaatan publik. Prioritas dan sasaran yang dirumuskan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 hendaknya dapat memecahkan permasalahan dan isu strategis pembangunan dengan memperhatikan hasil evaluasi capaian kinerja pembangunan periode sebelumnya dan memperhatikan isu isu strategis yang berkembang saat ini.

    Dengan memperhatikan Tema dan Prioritas Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Rencana Kerja Pemerintah Provinsi tahun 2022. Kemudian memperhatikan Visi dan Misi RPJMD Way Kanan 2021-2026 yang saat ini dalam proses yaitu : “Way Kanan Unggul dan Sejahtera” dengan Misi 4 Tahun kedepan akan :

    1. Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik
    2. Meningkatkan Kualitas Lingkungan Hidup Dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan
    3. Meningkatkan Kualitas Kehidupan Masyarakat dan Kompetensi Sumberdaya Manusia Daerah
    4. Meningkatkan Perekonomian Daerah Berbasis Kawasan Didukung Ketersediaan Infrastruktur
      Maka Tema Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kabupaten Way Kanan tahun 2022 yaitu, Memantapkan Pemulihan Ekonomi, Peningkatan Kesehatan dan SDM Berkualitas menuju Way Kanan Unggul Sejahtera. Dengan program prioritas Antara lain
      • Pembangunan SDM terutama Pengendalian Covid 19, pelayanan Pendidikan & sosial;
      • Pemulihan Ekonomi, peningkatan produktifitas pertanian IKM, UMKM, dan Pariwisata & Peluang investasi;
      • Meningkatkan tatakelola pemerintahan dan pelayanan publik;
      • Pengelolaan lingkungan hidup & Infrastruktur untuk mendukung ekonomi dan pelayanan publik.

    “Diakhir sambutan ini saya berpesan, dalam proses penyusunan RKPD tahun 2022 ini, saya minta kepala perangkat daerah agar fokus dan terarah dalam penyusunan program, kegiatan dan sub kegiatan sehingga rencana pembangunan pada Tahun 2022 dapat tercapai sesuai dengan Prioritas Pembangunan yang telah ditetapkan
    Dan akhirnya kami mohon arahan dari Bapak Gubernur Lampung terkait pembangunan Provinsi Lampung di Kabupaten Way Kanan,” pungkasnya.






    Komentar

    Tampilkan

    Terkini