• Jelajahi

    Copyright © Harian7 Lampung
    www.harian7.com

    Adv

    Jaksa Menyapa dengan Tema " Tugas dan Fungsi Kejaksaan Negeri RI Dalam Pengawasan Dana Desa

    Kamis, April 01, 2021, April 01, 2021 WIB Last Updated 2021-04-01T14:08:27Z

       Suasana dialok program jaksa menyapa
     


    Laporan : Andika Soleh H


    LAMPUNG BARAT - Harian7.com Dialog Spesial Kejari Lampung Barat Dalam Program Jaksa Menyapa dengan tema " Tugas dan Fungsi Kejaksaaan Negeri RI Dalam Pengawasan Pengolahan Dana Desa Tahun 2021" Kamis 01 April 2021


                

    Dalam acara ini di hadiri oleh Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus, Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Barat Riyadi SH, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Lampung Barat Juhairi Iswanto, serta diikuti seluruh Peratin di 131 Pekon / Desa se - Lampung Barat yang dilakukan secara Virtual . Kamis (01/04/2021)


               

    Kegiatan tersebut di adakan di Aula  Kagungan Setdakab Lampung Barat, Bupati Lampung Barat menyambut baik kegiatan program jaksa menyapa Karena paling tidak ini akan menumbuhkan sebuah kesadaran bersama pentingnya kita memahami sebuah aturan serta menumbuhkan rasa tanggungjawab dalam menjalankan amanah hajat orang banyak.


               

    Kejaksaan ini merupakan aparat penegak hukum yang mempunyai tanggung jawab untuk melakukan pengawasan menindaklanjuti laporan dan juga memberikan sanksi hukum bagi pelakunya. Akan Tetapi dengan adanya kegiatan seperti ini Paling tidak cakrawalanya peratin dan juga cakrawalanya para pengelola dana desa di tingkat pekon akan terbuka." Ujar Parosil.


               

    Kalaupun ada laporan kepihak kejaksaan, Itu hal yang wajar karena ketika pengawasan hanya tanggung jawabnya lembaga himpun pekonan. Semua warga itu mempunyai kewajiban untuk pengawasan, mengontrol terhadap kebijakan terkait dengan penggunaan dana desa yang dilakukan oleh peratin. Jadi kegiatan jaksa menyapa ini sebetulnya bukan hanya milik peratin, tetapi milik semua masyarakat yang berada di kabupaten Lampung Barat, kerena kegiatan ini dilakukan secara virtual bisa dilihat bisa dipantau dan ikuti secara bersama sama. " Lanjut Parosil.


             

    Parosil menambahka " Saya berterima kasih terhadap kepala kejari yang Alhamdulillah telah mensponsori, mempelopori dari pada kegiatan jaksa menyapa ini, mudah-mudahan kedepan Para peratin, para pengelola dana desa akan lebih hati - hati dan tepat sasaran dengan aturan yang ada" .


              

    Tujuan utama jaksa menyapa ini Adalah memperkenalkan tugas dan kewenangan kejaksaan apada umumnya dan Khusunya, Kejaksaan itu memiliki kewenangan untuk menyelamatkan keuangan negara dan yang lebih penting adalah melakukan pencegahan. " Jelas Pak Riyadi,SH


            

    Selama ini perlu diketahui bahwa kejaksaan selalu saja melakukan penindakan, setelah adanya program-program tertentu dari kejaksaan. Ternyata dengan pencegahan itu lebih banyak menyelamatkan keuangan negara. 


    Selain itu juga menghilangkan rasa was-was yang berlebihan dari pada peratin ini, siapa tau peratin ini sudah mendapatkan laporan. Kami melakukan tugas untuk klarifikasi apabila ada penyimpangan yang dapat menjadi kerugian negara, baru kami tindak. "Ujar Pak Kejari Lambar.


              

    Diharapkan peratin untuk tetap lebih berhati-hati terhadap kerugian negara karena sekecil apapun uang negara itu tetap harus dipertanggung jawabkan. Jangan takut, berkerjalah dengan baik dan jaga nama baik keluarga. " Tutup Pak Riyadi, SH



    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NEWS FOTO

    +